Paparkan Program Kerja, LDII Depok Siap Berkontribusi

Sleman (13/6) – Memimpin sebuah organisasi di Kapanewon Depok memerlukan kerja, wawasan dan perhatian ekstra serta khusus. Pasalnya, sebagai miniatur Indonesia, terdapat 64 Perguruan Tinggi/ Akademi/ Kursus Keterampilan, negeri maupun swasta yang berada di wilayah Kapanewon Depok.

Mahasiswanya datang dari berbagai wilayah di penjuru nusantara bahkan manca negara. Selain itu, banyak orang-orang yang sudah purna tugas memilih untuk berdomisili menikmati masa purnanya di Sleman, khususnya Kapanewon Depok.

Dengan demikian bisa dibayangkan bahwa masyarakat yang tinggal di Sleman terdiri dari berbagai latar belakang profesi yang berbeda, suku, agama, ras, golongan, bahasa, budaya, keyakinan dan adat istiadat berbeda dari berbagai wilayah.

“Kondisi inilah yang ikut mewarnai cara pandang PC LDII Kapanewon Depok dalam melaksanakan program dan kegiatannya. Artinya LDII berpedoman juga pada kearifan kearifan lokal yang ada,” kata Ketua PC LDII Kapanewon Depok Dody Irawan, S.E., pada pengukuhan Pengurus PC dan PAC LDII se-Kapanewon Depok, Minggu (12/6/2022).

Dody menambahkan, PC dan PAC LDII se-Kapanewon Depok dalam peran sertanya ikut membantu program-program pemerintah, senantiasa konsisten melakukan amal nyata melalui upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang profesional dan religius.

“Hal ini dilakukan melalui dakwah bil-qolam, bil-kalam, dan bil-hal agar tersedia sumber daya manusia yang mampu berkiprah di era digital dan demokrasi, yaitu sumber daya manusia yang memiliki kualitas keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa sebagaimana jiwa dan semangat yang terkandung dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah tangga serta peraturan organisasi,” jelasnya.

Pada kepengurusan periode 2022-2027 ini, LDII Depok fokus pada delapan program kerja, yaitu:

  1. Program Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan

Program ini ditujukan kepada peningkatan kualitas anggota pengurus organisasi dalam memahami tugas dan fungsinya dalam melaksanakan gerak dan langkah organisasi.

  1. Program Pendidikan Agama dan Dakwah

Program ini bertujuan memberikan bekal pemahaman yang baik dan benar mengenai agama Islam berdasarkan Alquran dan Alhadis untuk meningkatkan kualitas kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang Islami dalam rangka turut serta menyukseskan pembangunan manusia Indonesia seutuhnya.

  1. Program Pendidikan Umum dan Pelatihan

Program ini bertujuan untuk membentuk SDM melalui kualitas sumberdaya manusia sebagai sumberdaya pembangunan yang memiliki pola pikir, pola dan etos kerja yang produktif, terampil, kreatif, disiplin, profesional, memiliki kemampuan memanfaatkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berwawasan lingkungan dan berkemampuan manajemen.

  1. Program Pengabdian Masyarakat

Program ini bertujuan untuk pemberdayaan potensi LDII antara lain dengan mengembangkan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat; mengembangkan sumberdaya manusia profesional religius yang mampu meningkatkan pelaksanaan ibadah mahdhoh dan ghoiru mahdhoh (hubungan sosial); dan mengembangkan SDM.

“Pengembangan SDM dimaksud seperti mengembangkan etika bertetangga yang baik; mengembangkan kegiatan dakwah dengan penekanan pada pendekatan dakwah “bil-hal”; mengembangkan kesehatan masyarakat melalui program-program terarah dengan melakukan kerja sama dengan pemerintah dan/atau ormas lain; dan meningkatkan kegiatan pembinaan pemuda melalui program bidang kewirausahaan muda, bidang kepramukaan, dan bidang keolahragaan,” imbuh Dody.

  1. Program Pemuda, Kepanduan, Olahraga, dan Seni Budaya

Program ini bertujuan memberi ruang gerak kepada para pemuda serta melakukan pembinaan kepada generasi muda dalam mengapresiasikan bakat dan minat yang dimilikinya. Program ini diwujudkan dalam berbagai kegiatan kepanduan, olahraga, dan seni budaya.

  1. Program Hubungan Antar Lembaga

Program ini bertujuan untuk meningkatkan peran LDII dalam rangka membina dan meningkatkan kerukunan antar sesama umat beragama serta meningkatkan hubungan kerja sama dengan lembaga-lembaga vertikal dan horisontal dalam rangka membangun masyarakat yang maju, adil, dan sejahtera sesuai dengan prinsip-prinsip dakwah LDII.

  1. Program Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat

Program ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan kegiatan usaha dan kegiatan kewirausahaan dalam rangka pembenahan ekonomi umat sesuai dengan tuntutan kebutuhan baik sektor formal maupun non formal melalui usaha bersama dan koperasi.

  1. Program Pemberdayaan Perempuan dan Kesejahteraan Keluarga

Program ini ditujukan antara lain untuk meningkatkan pengarus-utamaan gender dan akses bagi wanita muslim terhadap kegiatan dan program pembangunan; untuk meningkatkan pembinaan keagamaan kaum wanita dalam rangka mewujudkan keluarga sakinah, harmonis, bahagia, dan sejahtera di kalangan anggota dan warga LDII sesuai peranannya sebagai pendamping suami, penerus keturunan, dan sebagai pendidik anak, serta penata-laksana rumah tangga (orang tua, khususnya ibu, sebagai guru pertama dan utama bagi anak-anaknya).

About Miftah Qoily

Check Also

Cetak Generasi Unggul, LDII Perkuat Tri Sukses Generus

Sleman – “Generus diharapkan mampu menjadi insan yang profesional religius dalam kehidupannya. Untuk mewujudkannya, diperlukan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.