Upacara Memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-78 di Pondok Nur Azizah: Menekankan Nilai-Nilai Pancasila dan Jiwa Nasionalis

Pondok Nur Azizah
Upacara HUT ke-78 RI diselenggarakan di Pondok Nur Azizah diselenggarakan untuk mengajarkan nilai-nilai Pancasila dan jiwa nasionalis kepada santri, Kamis (17/8/2023).

Sleman (17/8) – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang ke-78, upacara berlangsung dengan khidmat di Pondok Nur Azizah, Kamis (17/8/2023). Upacara ini dihadiri oleh para santri pondok, pengurus, dan masyarakat sekitar.

Pembina Pondok Nur Azizah, H. Jiwantoro, S.Pd., menjelaskan bahwa upacara ini diselenggarakan atas instruksi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) LDII dan bertujuan untuk melatih para santri dalam tindakan mendalami dan memahami makna upacara. “Di dalam upacara ini, terdapat nilai-nilai luhur seperti kedisiplinan dan nilai-nilai Pancasila yang ditanamkan kepada para santri,” ujar Pak Jiwan.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Cabang LDII, Sholikhan mengungkapkan pelaksanaan upacara ini sebagai wujud penghargaan terhadap para pahlawan yang telah berjuang dan berkorban demi kemerdekaan bangsa Indonesia. “Sebagai warga negara yang baik, kita harus menghargai, mencontoh, mengingat, dan mendoakan pengorbanan para pahlawan,” tegas Sholikhan.

Dengan tema HUT ke-78 RI “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”, Ia juga menekankan pentingnya menanamkan nilai jiwa nasionalis pada semua generasi bangsa. Nilai ini diwujudkan untuk meningkatkan rasa cinta tanah air serta semangat gotong royong dalam kehidupan sehari-hari.

Sholikhan juga memberikan pesan kepada para santri, bahwa mereka harus berinovasi dalam berbagai bidang dan tetap berpegang pada nilai-nilai Pancasila serta semangat perjuangan. Selain itu, ia mengapresiasi kontribusi positif Pondok Nur Azizah dalam masyarakat dan mengharapkan agar peserta upacara dapat mengimplementasikan pesan dari upacara ini dalam kehidupan sehari-hari.

About Miftah Qoily

Check Also

Salat Idul Fitri

LDII Kapanewon Sleman, Muhammadiyah, dan Nahdlatul Ulama Kembali Laksanakan Salat Idul Fitri Berdampingan di SD N Keceme 1

Sleman (10/4) – Ribuan warga Desa Sleman memadati Dusun Ngaglik, Desa Caturharjo, Kecamatan Sleman, Kabupaten …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *