Panewu Anom: Pengukuhan LDII Ngaglik Gambarkan Kerukunan Antar Umat Islam

Sleman – Pimpinan Cabang (PC) dan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) se-Kapanewon Ngaglik resmi dikukuhkan pada Minggu (17/07/2022) pagi. Sejumlah undangan hadir secara tatap di pendopo kantor Panewu Ngaglik. “Kami bersyukur, pada kesempatan ini, pada saat pengukuhan juga hadir dari perwakilan berbagai organisasi masyarakat lain. Hal ini menunjukkan bahwa hubungan antar umat islam di Kapanewon Ngaglik terjalin dengan rukun dan solid,” ujar Panewu Anom Ngaglik, Agung Endarta, S.Sos., M.Si.

Tamu Undangan Pengukuhan PC dan PAC se-Kapanewon Ngaglik (Minggu, 17/07/2022)

Selain unsur pemerintah Kapanewon Ngaglik, acara pengukuhan juga dihadiri oleh pengurus DPD LDII Kabupaten Sleman Suwarjo S.IP., M.Si., H. Wasdaryanto, ATT-IV, H. Jainindra, S.T., Kapolsek Ngaglik Anjar Istriani, SE., Akt., pengurus KUA Nggir Sriyono, S.Ag., Danramil Marjono, PC Muhammdiyah Projo Musodo, S.Pd., pengurus MUI H. Muslimin, pengurus FKUB Suyitno, S.Pd. dan Much. Muslih, B.A., PC LDII Kapanewon Depok Dody Irawan, S.E., PC LDII Kapanewon Sleman Sukisna, S.H., pengurus Senkom Mitra Polri Usman, Pengurus Gerakan Pramuka Sako SPN Candra Arif, S.Pd., para Dewan Penasihat PC dan PAC LDII, serta pengurus PC dan PAC LDII se-Kapanewon Ngaglik.

Dalam sambutannya yang diwakili oleh Panewu Anom, pemerintah menyambut baik dan bersyukur atas terlaksananya pengukuhan pengurus PC dan PAC LDII di Kapanewon Ngaglik. “Semoga kepada Bapak Ibu yang tadi dikukuhkan senantiasa dapat melaksanakan tugas dengan amanah,” pesan Agus Endarta. Selain itu, pemerintah Kapanewon Ngaglik berharap soliditas ormas islam tidak hanya terbentuk di permukaan atau tingkat kepengurusan saja, namun juga mengakar ke bawah. “Sehingga, gesekan-gesekan di Kapanewon Ngaglik ini tidak terjadi, tetap aman dan kondusif,” tegasnya.

Sambutan Panewu Anom dalam Pengukuhan PC dan PAC LDII se-Kapanewon Ngaglik (Minggu, 17/07/2022)

Senada, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) LDII Kabupaten Sleman menggarisbawahi pentingnya upaya untuk mencegah munculnya gesekan antar masyarakat. “Ini momentum untuk mulai bekerja, sebagai lembaga dakwah supaya memberi aura positif dan memberikan kontribusi riil kepada masyarakat,” kata Suwarjo.

Berbagai program kerja telah disiapkan oleh pengurus PC LDII Kapanewon Ngaglik masa bakti 2022-2027. “Saat bertemu Ibu Panewu, beliau berharap LDII bisa turut menjaga kerukunan di tengah masyarakat,” ujar Dadang Sudaryanto. Program kerja yang telah dibuat oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) LDII perlu diterjemahkan di tingkat Provinsi hingga PC dan PAC. Selain itu, program perlu didesain sesuai kearifan lokal setempat.

“Ini penting, Kapanewon Ngaglik cukup heterogen sehingga berpotensi memunculkan gesekan-gesekan. Di sini lah peran LDII, bagaimana pengurus PC dan PAC bisa menjadi penengah ketika terjadi konflik di masyarakat,” tandas Suwarjo. Harapannya, LDII terus berkontribusi dalam menjaga kerukunan dalam masyarakat.

About anwar rovik

Check Also

Masuki Era Disrupsi Teknologi Digital, LDII Bekali Para Jurnalis

Sleman– Masuki era disrupsi teknologi digital, DPP Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) gelar Pelatihan Jurnalistik …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *