LDII Kapanewon Sleman, Muhammadiyah, dan Nahdlatul Ulama Kembali Laksanakan Salat Idul Fitri Berdampingan di SD N Keceme 1

Salat Idul Fitri
Salat Idul Fitri di Lapangan SD Keceme 1 yang digelar oleh Pimpinan Anak Cabang Lembaga Dakwah Islam Indonesia (PAC LDII) Kapanewon Sleman, Rabu (10/4/2024).

Sleman (10/4) – Ribuan warga Desa Sleman memadati Dusun Ngaglik, Desa Caturharjo, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman, dalam rangka pelaksanaan sholat Idul Fitri 1945 H. Salat ied ini digelar oleh Pimpinan Anak Cabang Lembaga Dakwah Islam Indonesia (PAC LDII) Kapanewon Sleman, Muhammadiyah Kapanewon Sleman, dan Nahdlatul Ulama di sekitar SD N Keceme 1 dan Masjid Al-Ikhlas pada Rabu (10/4/2024).
Ketua Panitia Pelaksana Salat Idul Fitri, Arfati Kusuma, S.PT., mengaku bahwa persiapan pelaksanaan salat ied ini telah lama dilakukan sejak 1 bulan lalu. Mulai dari mengurus tempat, silaturahmi ke kepala sekolah, mengurus surat ke kapolsek dan KUA, serta masyarakat juga dilibatkan dalam pelaksanaan salat ied tahun ini.
Alhamdulillah semuanya lancar. Pelaksanaan salat ini dibantu oleh Senkom dari kita, juga oleh Kokam dari Muhammadiyah, dan banyak lagi,” ucap Arfati.
Seperti beberapa tahun terakhir, pelaksanaan salat ied tahun ini kembali berdampingan dengan umat Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama. Umat Muhammadiyah melaksanakan salat ied di Lapangan Keceme, persis di seberang SD N Keceme 1. Sedangkan Umat NU melaksanakan salat ied di masjid Al-Ikhlas, dekat dengan Lapangan Keceme.

Salat Idul Fitri
Foto bersama antar pengurus LDII, Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama, perangkat desa, dan pihak terkait lainnya.

Meskipun demikian, Arfati menyampaikan bahwa pelaksanaan salat Idul Fitri telah berjalan lancar secara berdampingan. Salat ied terlaksana dengan tertib dan sesuai dengan harapan. Bahkan, antarumat beragama dapat saling bersinergi satu sama lain.
“Kita harus bertoleransi dengan warga yang lain Karena semuanya memiliki kepercayaan masing-masing, memiliki ajaran masing-masing, kita harus menghargai mereka. Jika kita menghargai mereka pasti mereka akan menghargai kita,” lanjut Arfati.
Sementara itu, Agus Sutanto selaku Kepala Desa Caturharjo juga mengikuti pelaksanaan salat ied yang berdampingan ini. Beliau menyampaikan bahwa toleransi antarumat beragama di Kelurahan Caturharjo ini berjalan sangat bagus. Semua lembaga dan golongan telah dikomunikasikan untuk ikut membantu menjaga kelancaran idul fitri tahun ini.
Alhamdulillah untuk pelaksanaan salat idul fitri, LDII, Muhammadiyah, dan NU berjalan dengan baik, dengan lancar, dan saling bekerja sama. Seluruh pengurus dari Muhammdiyah, LDII, maupuan NU saling berkomunikasi untuk memperlancar berjalannya sholat idul fitri di Kelurahan Caturharjo,” kata Agus.

Author: Mike

About Miftah Qoily

Check Also

idul fitri

Ikuti Sholat Idul Fitri 1445 H, Ketua PC LDII Kapanewon Turi Ajak Hidup Rukun

Sleman (10/4) – Suasana yang khitmad dan penuh kebersamaan terlihat saat ratusan warga LDII Turi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *