Home / kegiatan / LDII dalam Membentuk Karakter Bertalenta Melalui Digital Learning

LDII dalam Membentuk Karakter Bertalenta Melalui Digital Learning

LDII adalah bagian integral dari NKRI, maka LDII perlu berkontribusi positif untuk kemajuan negara. Salah satunya yaitu dengan ikut andil dalam perkembangan dunia Pendidikan. Bentuk nyatanya yaitu dengan menggelar Lokakarya Nasional Pendidikan dengan tema “Membangun Literasi Digital untuk Membangun Digital Learning Guna Akselerasi Pendidikan Karakter.”

Berdasarkan lima arahan presiden mengenai pembangunan infrastruktur, pembangunan SDM, mendorong investasi, reformasi birokrasi dan penggunaan APBN, maka LDII yakin bahwa hal utama untuk mewujudkan hal tersebut yaitu dengan adanya SDM yang bertalenta, professional religious.

Departemen Pendidikan Umum dan Pelatihan DPP LDII, Dr. H. Basseng, M.Ed pada pemaparannya juga menambahkan bahwa “Seiring sejalan dengan program yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yaitu digital learning, maka program Pendidikan yang diusung oleh LDII lebih mendalam lagi yakni berfokus pada Pendidikan karakter melalui digital learning”.

Sistem Pendidikan yang ada di lingkungan LDII sendiri terbagi menjadi dua yaitu pondok dan sekolah. Melalui lokakarya ini maka diharapkan kedua sistem tersebut bisa bekerjasama sehingga dapat mengoptimalkan pembetukan karakter. Apalagi menyambut revolusi Pendidikan 4.0 yang menuntut penggunaan teknologi digital sebagai alatnya.

Lokakarya yang dihadiri oleh tenaga pendidik dan ahli dibidang teknologi ini berharap adanya output nyata yang dapat dibagikan kepada peserta didik. Output yang diharapkan yaitu; Platform E-learning berupa aplikasi, Muatan yang berbasis profesional religius berupa kurikulum, Strategi Pembelajaran berupa panduan, Materi Online, berupa video bahan ajar, ppt, modul, dan lain sebagainya, serta Teknik Evaluasi hasil belajar e-learning, berupa instrumen pendidikan dan alat tes.

Guru, pendidik, pengajar, orang tua serta lingkungan sangat berperan dalam membentuk karakter yang bertalenta professional religius. Namun di era revolusi digital 4.0, peran serta instrument digital akan dapat membantu membentuk SDM yang bertalenta dengan lebih fleksibel, mandiri dan efisien.(astrid/lines)

About admin

Check Also

Lokakarya Nasional 2019: Pendidikan Bagi Guru era digital

Penggunaan teknologi digital bukan sekedar alat yang dipasang lalu dipakai, tapi juga merupakan sinergi antara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *